Minggu, 06 Desember 2015

Algoritma Pemrogaman Dasar

Senin,7 Desember 2015

         
          Sudah lama banget nih nggak nge-blog..sekarang gw udah sekolah di SMKN 2 Salatiga,udah gak SMP lagi.Disini gw ambil jurusan TKJ (Tehnik Komputer & Jaringan).Oh iya,sekarang gw botak! Dari rambut yg dulu panjang poni-nya sampai hidung,sekarang rambut gw panjangnya 0,6 cm!
Itu kalau keramas gk ada busanya,kalau panas kepanasan,kalau dingin kedinginan & kalau  naik motor gk pakai helm...wuihhh dikepala rasanya kayak gk ada hambatannya.Oke,langsung saja karena saya ambil TKJ saya akan berbagi sedikit ilmu "pemrogaman" yang telah saya pelajari selama 6 bulan sekolah di SMK.Cekidoot

Apa itu algoritma?
Algoritma Arti umum adalah serangkaian urutan langkah-langkah yang tepat, logis, terperinci, dan terbatas untuk menyelesaikan suatu masalah yang disusun secara sistematis,atau singkatnya langkah-langkah logis untuk menyelesaikan suatu masalah
1. Algoritma adalah inti dari ilmu komputer
2. Algoritma adalah urutan-urutan dari instruksi atau langkah-langkah untuk menyelesaikan suatu masalah
3. Algoritma adalah blueprint dari program
4. Sebaiknya disusun sebelum membuat program
5. Kriteria suatu algoritma:
• Ada input dan output
• Efektifitas dan efisien
• Terstruktur


Ada 3 bahasa algoritma yg gw tahu:
1.Natural: Dengan notasi ini,deskripsi setiap langkah dijelaskan dengan bahasa yang jelas & atau ditulis dengan bahasa sehari-hari gampangnya.
2.Pseudocode: Pseudocode  adalah notasi yang menyerupai bahasa pemrograman tingkat tinggi. Keuntungan menggunakan notasi  pseudocode  adalah  memberikan kemudahan bagi  programmer untuk menerjemahkan  ke  notasi bahasa pemrograman, karena terdapat korespondensi antara setiap pseudocode dengan notasi bahasa pemrograman.
3.Flowchart: Flowchart adalah penggambaran secara grafik dari langkah-langkah dan urut-rutan prosedur dari suatu program.  Flowchart menolong analis dan programmer  untuk memecahkan masalah ke  dalam segmen-segmen yang lebih kecil dan menolong dalam menganalisis alternatif-alternatif lain dalam pengoperasian.

Variabel: Adalah objek penelitian, atau apa yang menjadi fokus di dalam suatu penelitian. Menurut F.N. Kerlinger variabel sebagai sebuah konsep. Variabel merupakan konsep yang mempunyai nilai yang bermacam-macam. Suatu konsep dapat diubah menjadi suatu variabel dengan cara memusatkan pada aspek tertentu dari variabel itu sendiri.

Syarat Variabel:
1.Tidak boleh mengandung spasi,titik dan strip.
2.Tidak boleh menggunakan karakter khusus.
3.Tidak boleh menggunakan kata kunci.
4.Tidak diawali angka.
5.Spasi diganti Underscore.
6.Nama tidak boleh sama.
7.Tidak memakai keywoard/kata kunci.

Tipe Data:Adalah jenis data yg mempunyai batasan tempat dan karakteristik sesuai dengan interprestasi data dan dapat diolah oleh computer untuk memenuhi kebutuhan dalam pemrogaman komputer.

Jenis Tipe Data:
1.Integer:Tipe bilangan bulat baik positif maupun negative.
2.Real/Float:Data yang termasuk bilangan real adaah data yg mengandung pecahan.Data ini mempunyai keterangan jangkauan jumlah digit penting dan ukuran.
3.Booelan:Tipe data yang mempresentasikan suatu kondisi “benar” dan “salah”.
4.String:Tipe data yang tidak dapat dihitung,artinya tidak dapat dikenakan operasi hitung aritmatika.
5.Array:Merupakan himpunan data yg disimpan didalam sebuah variabel.
Mungkin segini aja ilmu yg gw bagikan,udah pusing nih nulis kayak gini.Semoga sedikit ilmu yg gw tulis disini bias berguna bagi kalian semua.Thank You Very Much and See You! :D





Tidak ada komentar:

Posting Komentar