Senin,7 Desember 2015
Sudah lama banget nih nggak nge-blog..sekarang gw udah sekolah di SMKN 2 Salatiga,udah gak SMP lagi.Disini gw ambil jurusan TKJ (Tehnik Komputer & Jaringan).Oh iya,sekarang gw botak! Dari rambut yg dulu panjang poni-nya sampai hidung,sekarang rambut gw panjangnya 0,6 cm!
Itu kalau keramas gk ada busanya,kalau panas kepanasan,kalau dingin kedinginan & kalau naik motor gk pakai helm...wuihhh dikepala rasanya kayak gk ada hambatannya.Oke,langsung saja karena saya ambil TKJ saya akan berbagi sedikit ilmu "pemrogaman" yang telah saya pelajari selama 6 bulan sekolah di SMK.Cekidoot
Apa itu algoritma?
Algoritma Arti umum adalah serangkaian
urutan langkah-langkah yang tepat, logis, terperinci, dan terbatas untuk
menyelesaikan suatu masalah yang disusun secara sistematis,atau singkatnya langkah-langkah
logis untuk menyelesaikan suatu masalah
1. Algoritma adalah inti dari ilmu komputer2. Algoritma adalah urutan-urutan dari instruksi atau langkah-langkah untuk menyelesaikan suatu masalah
3. Algoritma adalah blueprint dari program
4. Sebaiknya disusun sebelum membuat program
5. Kriteria suatu algoritma:
• Ada input dan output
• Efektifitas dan efisien
• Terstruktur
Ada 3 bahasa algoritma yg gw
tahu:
1.Natural: Dengan notasi ini,deskripsi setiap langkah dijelaskan dengan
bahasa yang jelas & atau ditulis dengan bahasa sehari-hari gampangnya.
2.Pseudocode: Pseudocode adalah notasi yang menyerupai bahasa pemrograman
tingkat tinggi. Keuntungan menggunakan notasi pseudocode
adalah memberikan kemudahan bagi programmer untuk menerjemahkan ke notasi bahasa pemrograman, karena
terdapat korespondensi antara setiap pseudocode dengan notasi bahasa
pemrograman.
3.Flowchart: Flowchart adalah penggambaran secara grafik dari langkah-langkah
dan urut-rutan prosedur dari suatu program.
Flowchart menolong analis dan programmer
untuk memecahkan masalah ke dalam
segmen-segmen yang lebih kecil dan menolong dalam menganalisis
alternatif-alternatif lain dalam pengoperasian.
Variabel: Adalah
objek penelitian, atau apa yang menjadi fokus di dalam suatu penelitian.
Menurut F.N. Kerlinger variabel sebagai sebuah konsep. Variabel merupakan
konsep yang mempunyai nilai yang bermacam-macam. Suatu konsep dapat diubah
menjadi suatu variabel dengan cara memusatkan pada aspek tertentu dari variabel
itu sendiri.
Syarat Variabel:
1.Tidak boleh mengandung
spasi,titik dan strip.
2.Tidak boleh menggunakan
karakter khusus.
3.Tidak boleh menggunakan kata
kunci.
4.Tidak diawali angka.
5.Spasi diganti Underscore.
6.Nama tidak boleh sama.
7.Tidak memakai keywoard/kata
kunci.
Tipe Data:Adalah
jenis data yg mempunyai batasan tempat dan karakteristik sesuai dengan
interprestasi data dan dapat diolah oleh computer untuk memenuhi kebutuhan
dalam pemrogaman komputer.
Jenis Tipe Data:
1.Integer:Tipe bilangan bulat
baik positif maupun negative.
2.Real/Float:Data yang termasuk
bilangan real adaah data yg mengandung pecahan.Data ini mempunyai keterangan
jangkauan jumlah digit penting dan ukuran.
3.Booelan:Tipe data yang
mempresentasikan suatu kondisi “benar” dan “salah”.
4.String:Tipe data yang tidak
dapat dihitung,artinya tidak dapat dikenakan operasi hitung aritmatika.
5.Array:Merupakan himpunan data yg
disimpan didalam sebuah variabel.
Mungkin segini aja ilmu yg gw
bagikan,udah pusing nih nulis kayak gini.Semoga sedikit ilmu yg gw tulis disini
bias berguna bagi kalian semua.Thank You Very Much and See You! :D
Tidak ada komentar:
Posting Komentar